Analisis Jurnal

1.       Judul :  Consumers and Credit Cards: A Review of The Empirical Literature
2.       Tema: Sikap dan Prilaku dari Pengguna Kartu Kredit
3.       Pengarang: Phylis M. Mansfield, Mary Beth Pinto, dan Cliff A. Robb
4.       Latar Belakang:

Dalam masyarakat umum saat ini, kartu kredit telah menjadi kenyataan hidup bagi sebagian besar konsumen dan bagian dari budaya konsumen. Statistik pengguna kartu kredit mengejutkan dan memberikan bukti kegunaannya bagi mereka. Perkembangan kartu kredit dan kemudahan akses yang diberikan kepada konsumen dapat meningkatkan peluang untuk melakukan pembelian kredit. Namun, sementara banyak konsumen dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, yang lain tampaknya tidak dapat mengendalikan kebiasaan belanja mereka. Selama dua dekade terakhir, penggunaan kartu kredit telah menjadi bidang perhatian ekonomi dan sosial. Masalah yang diciptakan oleh penggunaan kartu kredit telah menimbulkan keprihatinan di kalangan pendidik, advokat konsumen, dan administrator kebijakan publik.
Penelitian di bidang sikap dan prilaku pengguna kartu kredit  telah memberikan banyak literatur dalam bisnis, psikologi, dan bidang kebijakan publik. Dimulai pada tahun 1960, pekerjaan berkisar karakteristik deskriptif dan berkembang sebagai ahli  diperiksa lebih dalam dengan menyelidiki hubungan antara kartu kredit dan konstruksi psikologis, dan kebutuhan untuk kebijakan konsumen. Sedangkan ruang lingkup penelitian kartu kredit telah menjadi lebih luas dari sebelumnya, ada kebutuhan untuk berhenti sejenak dan merenungkan apa yang sebenarnya kita ketahui tentang fenomena tersebut, mengingat kecenderungan dalam masyarakat. Makalah ini mengidentifikasi penelitian empiris yang dilakukan selama empat dekade terakhir dalam rangka memberikan wawasan dan rekomendasi untuk penelitian tambahan. Sebanyak 537 artikel jurnal dari 8 database ditinjau dan dievaluasi dalam parameter tertentu yang berkaitan dengan kartu kredit, dengan sampel kerja akhir dari 103 jurnal artikel yang dipublikasikan antara tahun 1969 dan 2012. 

5.       Masalah

Bagaimana sikap terhadap kartu kredit; dengan Model ABC, termasuk didalamnya pengaruh, prilaku, Kognisi dan pengetahuan pengguna terhadap kartu kredit?

6.       Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam jurnal adalah metode kerangka konstektual untuk mencapai tujuan dari penelitiannya, yang didasarkan pada teori sikap Tri-Komponen. Dalam model ABC, “A” untuk pengaruh kartu kredit, “B” berkaitan dengan prilaku yang berhubungan dengan kartu kredit, “C” berkaitan dengan pengetahuan pengguna terhadap kartu kredit. 

7.       Hasil 

a.       Pengaruh Kartu Kredit Terhadap Pengguna
Lima hal psikologis dan emosional konstruksi yang diidentifikasi dalam pengaruh pengguna kartu kredit yaitu: Kontrol, harga diri, kecemasan, impulsive/compulsive, dan materialism. Sejumlah besar penelitian telah dilakukan memanfaatkan psikologis dan emosional konstruksi ini, dan sementara mereka memiliki peran penting dalam menjelaskan variasi dalam sikap kartu kredit dan perilaku, tidak ada kesimpulan yang komprehensif dapat ditarik dari dua puluh lima artikel/jurnal . Studi menyelidiki kontrol membangun baik ditujukan kontrol diri atau locus of control dan hubungannya dengan sikap kartu kredit atau perilaku. studi menemukan bahwa locus of control itu terkait dengan sikap terhadap kredit, tetapi tidak terkait dengan tingkat utang kartu kredit.

b.      Prilaku Pengguna Kartu Kredit
Beberapa konstruksi yang digunakan untuk mengklasifikasikan dan menjelaskan dalam prilaku pengguna kartu kredit yaitu; jumlah pemilik kartu, akses/ketersediaan, pelunasan, dan penyalahgunaan kartu kredit. Perilaku kartu kredit adalah topik yang menarik dalam penelitian awal pada kartu kredit, dengan fokus pada perilaku pembayaran , penggunaan kartu kredit dan penyalahgunaan, serta nomor kartu. Dalam temuan dari studi ini, ada peningkatan tajam dalam kepemilikan kartu dari awal 1970-an (17%) untuk tahun 1990
(lebih dari 80%), dengan tren terbaru terhadap penurunan angka pada tahun 2000an.
Rata-rata jumlah kartu lebih sulit untuk diperkirakan karena banyak dari studi gagal untuk melaporkan statistik tersebut dengan cara yang sebanding. Seperti tahun-tahun berlalu, statistik lebih deskriptif yang ditawarkan pada kepemilikan kartu kredit, seperti rata-rata jumlah kartu dan berbagai kartu yang dimiliki.

c.       Kognisi/Keyakinan Pengguna Kartu Kredit
Hal ini berkaitan dengan keyakinan dan pengetahuan pengguna terhadap kartu kredit. Keyakinan termasuk pernyataan seperti “kartu kredit harus digunakan untuk alasan angsuran”.  Ada dua puluh tujuh studi yang mengukur keyakinan konsumen tentang kartu kredit. Keyakinan dapat membantu mengembangkan profil pengguna kartu kredit.  Pengguna kartu kredit menunjukkan untuk mempunyai keyakinan bahwa kartu kredit mempunyai efek negatif bagi mereka  secara pribadi. Ada delapan studi yang tergolong kartu kredit "pengetahuan, atau karakteristik khusus dari rekening kartu kredit, seperti suku bunga, batas kredit, keseimbangan, atau biaya pembayaran. sejumlah kecil artikel mungkin karena parameter dari penelitian ini memerlukan khusus kredit" kartu "pengetahuan, bukan pengetahuan kredit umum atau melek finansial. kategori ini diselidiki karakteristik kartu kredit tertentu, misalnya tingkat, batas, dan keseimbangan. Apakah sampel adalah mahasiswa atau konsumen dewasa, literatur menimbulkan kekhawatiran atas pemahaman yang terbatas dan mengingat berbagai karakteristik kartu kredit. signifikan temuan ini dilaporkan antara pengetahuan kartu kredit dan perilaku kartu kredit, sikap pengguna kartu kredit, dan usia.

0 komentar:



Posting Komentar