Kelompok 5
Anggota :
Novice Lebrie Sagilitany (25211246)
Arinda Pramesti (29211380)
Rina Mardiani (26211221)
Wanda Anindita (27211355)
Arinda Pramesti (29211380)
Rina Mardiani (26211221)
Wanda Anindita (27211355)
Judul : Pengaruh Perubahan Permintaan dan Penawaran terhadap Harga dan Jumlah Barang Keseimbangan
A. Latar
Belakang
Harga keseimbangan adalah harga di mana baik konsumen maupun produsen
sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan
dijual. Permintaan sama dengan penawaran. Ketika harga di bawah harga keseimbangan,
akan terjadi kelebihan permintaan. Sebaliknya, jika harga melebihi harga
keseimbangan, terjadi kelebihan penawaran.
Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan
di sisi permintaan dan atau penawaran. Perubahan permintaan dapat disebabkan
oleh perubahan pendapatan, selera, harga barang lain yang dapat menggantikan,
harga barang lain yang melengkapi, jumlah pembeli, dan perkiraan harga pada
masa yang akan datang. Sedangkan penawaran dapat berubah akibat adanya
perubahan harga bahan baku, teknologi, jumlah penjual, perkiraan harga pada
masa yang akan datang, pajak dan subsidi, dan kebijakan pemerintah.
Paper ini dibuat untuk mengetahui penjelasan lebih mendalam
mengenai pengaruh perubahan permintaan dan penawaran terhadap harga dan jumlah
barang keseimbangan ketika permintaan yang naik sama dengan penawaran yang
menurun.
B. Rumusan
Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah dijabarkan di
atas mengenai pengaruh perubahan permintaan dan penawaran terhadap harga dan
jumlah barang keseimbangan ketika permintaan yang naik sama dengan penawaran
yang menurun, maka rumusan masalah dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:
- Bagaimana penjelasan dan kurva mengenai pengaruh perubahan permintaan dan penawaran terhadap harga dan jumlah barang keseimbangan ketika permintaan yang naik sama dengan penawaran yang menurun?
- Apa contoh dari perubahan permintaan dan penawaran terhadap harga dan jumlah barang keseimbangan ketika permintaan yang naik sama dengan penawaran yang menurun?
C. Metodologi
Dalam proses
pembuatan paper ini, kami menggunakan jenis data sekunder dengan metode
percarian informasi melalui buku.
D. Pembahasan
Ketika
permintaan naik sama dengan penawaran turun maka harga naik dan kuantitas
tetap. Harga ekuilibrium mengalami kenaikan yaitu dari pertemuan D1, S1 dengan D2, S2. Kenaikan
harga ekuilibrium ini dapat dipastikan mengingat bahwa baik bertambahnya
permintaan maupun berkurangnya penawaran bertendensi mengakibatkan meningkatnya
harga ekuilibrium.
Bertambahnnya permintaan
bertendensi meningkatkan kuantitas ekuilibrium, sedangkan berkurangnya
penawaran bertendensi menurunkan kuantitas ekuilibrium. Sehingga, karena adanya
peningkatan jumlah permintaan yang sama dengan jumlah penurunan penawaran, maka
kuantitas ekuilibrium akan tetap.
Hal tersebut
dapat dilihat dalam kasus peningkatan harga cabe pada saat menjelang lebaran.
Menjelang lebaran, permintaan cabe akan meningkat sehingga mengakibatkan
menurunnya penawaran cabe. Hal itu dikarenakan produsen memiliki kuantitas yang
tidak bertambah atau tetap. Permintaan yang naik, membuat produsen ingin
mendapatkan untung lebih sehingga produsen menaikkan harga cabe.
E. Kesimpulan
Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan di sisi permintaan
dan atau penawaran. Ketika permintaan naik sama dengan penawaran turun maka harga naik dan
kuantitas tetap. Kenaikan harga ekuilibrium ini dapat dipastikan mengingat
bahwa baik bertambahnya permintaan maupun berkurangnya penawaran menyebabkan
meningkatnya harga ekuilibrium.
Bertambahnnya permintaan
bertendensi meningkatkan kuantitas ekuilibrium, sedangkan berkurangnya
penawaran bertendensi menurunkan kuantitas ekuilibrium. Sehingga, karena adanya
peningkatan jumlah permintaan yang sama dengan jumlah penurunan penawaran, maka
kuantitas ekuilibrium akan tetap.
Sumber :
- Reksoprajitno, Soedijono. Pengantar Ekonomi Mikro Perilaku Harga Pasar dan Konsumen. Jakarta : Penerbit Gunadarma.
- Raharja, Pratama. Teori Ekonomi Mikro, edisi keempat. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 2010.
0 komentar:
Posting Komentar