Tugas Teori Ekonomi 1

3. Barang Netral

Barang netral dapat didefinisikan apabila dua macam barang tidak mempunyai hubungan yang rapat. Sehingga perubahan terhadap permintaan salah satu barang tidak mempengaruhi permintaan barang lainnya.
Selain itu barang netral juga merupakan barang konsumsi yang jumlah pemakaiannya tidak berubah walaupun pendapatan konsumen mengalami perubahan (bertambah atau berkurang).

Contohnya:
  • ·         Permintaan terhadap beras dan terhadap buku tulis tidak mempunyai hubungan sama sekali, maksudnya perubahan permintaan dan harga beras tidak akan mempengaruhi permintaan buku tulis begitu juga sebaliknya.
  • ·         Pemakaian garam untuk bumbu masakan, walaupun pendapatan konsumen bertambah atau berkurang jumlah garam yang dibelinya akan tetap sama, karena memang kebutuhannya tidak berubah.

ICL (Income Consumption Line) :kurva yang menggambarkan titik kombinasi konsumsi dua macam barang yang memberikan tingkat kepuasan maksimum pada berbagai tingkat pendapatan.


Ket: Barang X sebagai barang netral


13. Efek Pergeseran Penawaran

Dari kurva diatas dapat dilihat bahwa penawaran bertambah dan permintaan (demand) tetap sehingga terjadinya pergeseran kurva dari S1 ke S2 (ke kanan) dan menyebabkan harga keseimbangan turun, serta harga terhadap barang yang ditawarkan turun dan jumlah barang yang diminta naik.

Misalnya, diperkirakan harga apel pada bulan depan akan turun karena harga pupuk turun. penurunan harga apel menyebabkan peningkatan penawaran apel. Sehingga ketika diperkirakan harga di waktu yang akan datang turun, maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang dijualnya.

 Referensi:
  • kelasfapetc2010.files.wordpress.com/2011/03/3-teori-konsumsi.ppt
  • http://parhutahuta14.blogspot.com/2011/03/pergeseran-kurva-penawaran.html

0 komentar:



Posting Komentar