1. Judul
: Consumers and Credit Cards: A Review
of The Empirical Literature
2. Tema:
Sikap dan Prilaku dari Pengguna Kartu Kredit
3. Pengarang:
Phylis M. Mansfield, Mary Beth Pinto, dan Cliff A. Robb
4. Latar
Belakang:
Dalam masyarakat umum saat ini, kartu kredit telah menjadi kenyataan hidup bagi sebagian besar konsumen dan bagian dari
budaya konsumen. Statistik pengguna kartu kredit mengejutkan dan memberikan
bukti kegunaannya bagi mereka. Perkembangan kartu kredit dan kemudahan akses yang diberikan kepada konsumen dapat
meningkatkan peluang untuk melakukan pembelian
kredit. Namun, sementara banyak konsumen dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, yang lain tampaknya tidak dapat mengendalikan
kebiasaan belanja mereka. Selama
dua dekade terakhir, penggunaan kartu kredit telah menjadi bidang perhatian ekonomi dan sosial. Masalah yang diciptakan oleh penggunaan kartu
kredit telah menimbulkan
keprihatinan di kalangan pendidik, advokat konsumen, dan administrator kebijakan publik.
Penelitian di
bidang sikap dan prilaku pengguna kartu kredit telah memberikan
banyak literatur dalam bisnis, psikologi, dan bidang kebijakan publik. Dimulai
pada tahun 1960, pekerjaan berkisar karakteristik deskriptif dan berkembang
sebagai ahli diperiksa lebih dalam dengan menyelidiki
hubungan antara kartu kredit dan konstruksi psikologis, dan kebutuhan untuk
kebijakan konsumen. Sedangkan ruang lingkup penelitian kartu kredit telah menjadi
lebih luas dari sebelumnya, ada
kebutuhan untuk berhenti sejenak dan merenungkan apa yang sebenarnya kita
ketahui tentang fenomena tersebut, mengingat kecenderungan dalam masyarakat.
Makalah ini mengidentifikasi penelitian empiris yang dilakukan selama empat
dekade terakhir dalam rangka memberikan wawasan dan rekomendasi untuk
penelitian tambahan. Sebanyak 537 artikel jurnal dari 8 database ditinjau dan dievaluasi dalam
parameter tertentu yang berkaitan dengan kartu kredit, dengan sampel kerja
akhir dari 103 jurnal artikel yang dipublikasikan antara tahun 1969 dan 2012.
5. Masalah
Bagaimana sikap terhadap kartu kredit; dengan
Model ABC, termasuk didalamnya pengaruh, prilaku, Kognisi dan pengetahuan
pengguna terhadap kartu kredit?
6. Metode
Penelitian
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam
jurnal adalah metode kerangka konstektual untuk mencapai tujuan dari
penelitiannya, yang didasarkan pada teori sikap Tri-Komponen. Dalam model ABC,
“A” untuk pengaruh kartu kredit, “B” berkaitan dengan prilaku yang berhubungan
dengan kartu kredit, “C” berkaitan dengan pengetahuan pengguna terhadap kartu
kredit.
7. Hasil
a. Pengaruh
Kartu Kredit Terhadap Pengguna
Lima hal
psikologis dan emosional konstruksi yang diidentifikasi dalam pengaruh pengguna
kartu kredit yaitu: Kontrol, harga diri, kecemasan, impulsive/compulsive, dan
materialism. Sejumlah besar penelitian telah dilakukan memanfaatkan psikologis dan emosional konstruksi ini,
dan sementara mereka memiliki peran penting dalam menjelaskan variasi dalam
sikap kartu kredit dan
perilaku, tidak ada kesimpulan yang komprehensif dapat ditarik dari dua puluh
lima artikel/jurnal . Studi
menyelidiki kontrol membangun baik ditujukan kontrol diri atau locus of control
dan hubungannya dengan sikap kartu kredit atau perilaku. studi menemukan bahwa locus of control itu
terkait dengan sikap terhadap kredit, tetapi tidak terkait dengan tingkat
utang kartu kredit.
b. Prilaku
Pengguna Kartu Kredit
Beberapa konstruksi yang digunakan untuk
mengklasifikasikan dan menjelaskan dalam prilaku pengguna kartu kredit yaitu;
jumlah pemilik kartu, akses/ketersediaan, pelunasan, dan penyalahgunaan kartu
kredit. Perilaku kartu kredit adalah topik yang menarik dalam penelitian awal pada
kartu kredit, dengan fokus pada perilaku pembayaran , penggunaan kartu kredit dan penyalahgunaan,
serta nomor kartu. Dalam temuan dari studi
ini, ada peningkatan tajam dalam
kepemilikan kartu dari awal 1970-an (17%) untuk
tahun 1990
(lebih dari 80%), dengan tren terbaru terhadap penurunan angka pada tahun 2000an. Rata-rata jumlah kartu lebih sulit untuk diperkirakan karena banyak dari studi gagal untuk melaporkan statistik tersebut dengan cara yang sebanding. Seperti tahun-tahun berlalu, statistik lebih deskriptif yang ditawarkan pada kepemilikan kartu kredit, seperti rata-rata jumlah kartu dan berbagai kartu yang dimiliki.
(lebih dari 80%), dengan tren terbaru terhadap penurunan angka pada tahun 2000an. Rata-rata jumlah kartu lebih sulit untuk diperkirakan karena banyak dari studi gagal untuk melaporkan statistik tersebut dengan cara yang sebanding. Seperti tahun-tahun berlalu, statistik lebih deskriptif yang ditawarkan pada kepemilikan kartu kredit, seperti rata-rata jumlah kartu dan berbagai kartu yang dimiliki.
c.
Kognisi/Keyakinan Pengguna Kartu Kredit
Hal ini berkaitan dengan keyakinan dan pengetahuan pengguna
terhadap kartu kredit. Keyakinan termasuk pernyataan seperti “kartu kredit
harus digunakan untuk alasan angsuran”.
Ada dua puluh tujuh studi yang mengukur keyakinan konsumen tentang kartu
kredit. Keyakinan dapat membantu mengembangkan profil pengguna kartu
kredit. Pengguna kartu kredit
menunjukkan untuk mempunyai keyakinan bahwa kartu kredit mempunyai efek negatif
bagi mereka secara pribadi. Ada delapan studi yang tergolong “kartu kredit "pengetahuan, atau karakteristik
khusus dari rekening kartu kredit, seperti suku bunga, batas kredit, keseimbangan, atau biaya pembayaran. sejumlah kecil artikel mungkin karena parameter
dari penelitian ini memerlukan khusus kredit" kartu
"pengetahuan, bukan pengetahuan
kredit umum atau melek
finansial. kategori ini diselidiki
karakteristik kartu kredit tertentu, misalnya tingkat,
batas, dan keseimbangan. Apakah sampel adalah mahasiswa
atau konsumen dewasa, literatur menimbulkan kekhawatiran atas
pemahaman yang terbatas dan mengingat
berbagai karakteristik kartu kredit.
signifikan temuan ini dilaporkan antara pengetahuan kartu kredit dan perilaku kartu kredit, sikap pengguna
kartu kredit, dan usia.
0 komentar:
Posting Komentar